081806696986 liveindonesia.id@gmail.com

NASI TIWUL, MAKANAN PENGGANTI NASI KHAS JAWA

Banyak makanan khas Jawa yang perlu dikenali stau per satu dan bahkan dilestarikan dan dijadikan makanan sehari-hari, salah satunya adalah makanan tradisional bernama tiwul. Banyak orang Jawa masa kini mungkin tidak mengenal tiwul, karena perkembangan makanan masa kini yang sudah sangat pesat dan banyak pengaruh budaya dari luar. Tapi seperti apa sejarah makanan bernama tiwul ini?

Tiwul atau thiwul sebenarnya sebelum dikenal sebagai jajanan, adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang biasa dikonsumsi jadi makanan sehari-hari oleh masyarakat.

Tiwul juga identik dengan santapan harian warga miskin di daerah tandus. Tiwul jadi salah satu cara masyarakat untuk mempertahankan diri dari ancaman kelaparan ketika musim kemarau berkepanjangan. Namun tak hanya dimakan saat musim kemarau, di tempat seperti dusun Kalisonggo, Tiwul bisa dimakan sepanjang tahun. Tiwul saja atau tiwul yang dicampur beras disantap dengan lauk ikan asin bakar, sambal bawang, sayur daun singkong, atau bayam hasil kebun sendiri.

Tiwul sering jadi pengganti beras di daerah rawan kekeringan seperti di Kabupaten Sukoharjo dan Wonogiri karena bisa menghemat pengeluaran daripada membeli beras. Sementara jika harus menanam padi, kondisi lingkungan terlalu kering sehingga tak memungkinkan. Saat ini, tiwul lebih populer sebagai camilan yang disajikan dengan parutan kelapa dan siraman gula merah. Tak itu saja, ada banyak variasi penyajian tiwul dan aneka bahan pelengkap yang bisa ditambahkan. Mulai dari ketan hitam, jagung rebus pipilan, sampai singkong rebus yang diserut.

Paduan nasi tiwul dengan aneka lauk pauk menjadikan kuliner ini begitu nikmat saat disantap. Rasa ikan kelong memberikan nuansa berbeda saat menyantap nasi tiwul. Gurih dan sedikit aroma jahe begitu terasa saat daging ikan ini berada di mulut. Tambahan sayur tempe tahu dan udang didalamnya juga membuat nasi tiwul menjadi kaya rasa. Untuk sedikit menambah selera makan, sambal dan potongan ketimun menjadi pelengkap yang pas untuk nasi tiwul.

Nasi Tiwul adalah nasi yang memiliki bahan dasar dari gaplek. Gaplek merupakan singkong yang telah dikeringkan, biasanya dengan dijemur dibawah terik matahari. Dari bahan gaplek inilah proses awal cara membuat tiwul hingga menjadi Nasi Tiwul. Dari awal bentuk gaplek yang berwarna putih lalu setelah menjadi nasi berubah sedikit kecoklatan.

SUMBER

https://www.kompas.com/food/sejarah-tiwul-khas-jawa-makanan-pengganti-nasi-karena-harga-beras-mahal

https://www.fimela.com/sejarah-tiwul-makanan-pengganti-nasi-rakyat-jawa-zaman-dulu

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/nasi-tiwul-ikan-kelong-khas-pacitan