081806696986 liveindonesia.id@gmail.com

PARTUTURAN (TUTUR SAPA) SUKU BATAK

Suku batak merupakan salah satu suku bangsa Indonesia yang berasal dari Sumatra Utara. Etnis batak toba yang satu ini telah menyebar keberbagai daerah. Ciri khas suku batak atau orang batak memiliki suara yang unik, yakni suara terdengar keras, dan memiliki intonasi berbicara yang tinggi, Tapi nih memiliki hati yang lembut, kalau kamu gak percaya kamu bisa tanyak langsung pada teman kamu yang bersuku batak.

Bagi kita yang bersuku batak pasti sangat erat yang namanya dengan namanya “Partuturan”. Kata ini harus kita pahami dan juga kita taati saat kita menggunakannya. Seperti berjumpa dengan saudara kita, apalagi saat berpesta. Acara pesta adat batak lah Partuturan ini akan sangat sering digunakan

Dalam kehidupan orang Batak sehari-hari kekerabatan (partuturan) adalah kunci dari falsafah hidupnya dengan  menanyakan marga dari setiap orang Batak yang ditemuinya. Hal ini dapat digambarkan dengan ukiran 2 ekor  cicak  yang saling berhadapan yang menempel di kiri-kanan Ruma Batak. Kekerabatan ini pula yang menjadi  semacam tonggak  agung untuk mempersatukan hubungan darah dan menentukan sikap terhadap orang lain  dengan baik. 

Partuturan tidak terepas dari yang namanya sebuah fisafah batak, yaitu “Dalihan Tolu” yang dimana filsafah ini meiliki atriyang besar bagi suku batak, Yaitu Somba Marhula-hula, Elek Marboru, dan Manat Mardongan Tobu.

Dilnasir jendeladunia liveinindonesia akan mengajak kamu untuk mengetahui  beberapa Partuturan batak Toba beserta maksudnya yang bisa membantu kamu saat menghadapi momen tersebut. Berikut beberapa Partuturan Batak Toba.

1.Simatua Doli.
Panggilan ini merupakan panggilan untuk mertua laki-laki atau amangtua dan amanguda dari suami atau istri kita. Biasanya dipanggil dengan kata “Amang”/ Bapak/Ayah/…

Simatua Boru.
Panggilan ini merupakan panggilan untuk mertua perempuan atau inangtua dan inaguda dari suami atau istri kita. Biasanya dipanggil dengan kata “Inang”/Mama/ibu/…

2. Opung Boru/Doli
Panggilan ini merupakan panggilan untuk orangtuanya bapak/mama kita. Opung/kakek/nenek,  Panggilan ini dipanggil oleh yang sudah bercucu.

3.Tulang Rorobot.
Panggilan ini merupakan sebutan panggilan kepada tulang dari ibu/mama kita. atau panggilan untuk seua hulahula ni hulahula.

4. Bonatulang Manang Bonahula
Pangilan ini merupakan sebutan panggilan kepada tulang dari orang tua kita laki-laki (bapak)/ito dari opung boru kita.

5. Bona Ni Ari
Pangilan ini merupakan sebutan panggilan tulangnya opung dari orang tua laki-laki (bapak) kita.

6.Tulang
Panggilan ini merupakan sebutan panggilan untuk kakak atau adik laki-laki dari mama kita/ibu.

Nantulang
Panggilan ini merupakan sebutan panggilan untuk istri dari Tulang… Ingat ! fungsi Tulang ialah menjaga Nantulang :D….

7. Tunggane atau “Lae”
Panggilan ini merupakan sebutan panggilan untuk
Panggilan ini merupakan sebutan panggilan untuk kakak atau adik laki-laki dan adik dari istri kita. kata ini diucapkan khusus untuk laki-laki

Inang Bao
Panggilan ini merupakan sebutan panggilan untuk istri Tunggane atau Lae, bisa juga kita panggil Inang.

8. Tulang Naposo
Panggilan ini merupakan sebutan panggilan untuk anak dari Tunggane atau Lae kita

Nantulang Naposo
Panggilan ini merupakan sebutan panggilan untuk istrinya anak dari Tunggane atau Lae kita.

SUMBER

https://www.jendeladunia16.com/

https://visitsamosir.com/