081806696986 liveindonesia.id@gmail.com

SATE PAYAU, KULINER LANGKA DARI KALIMANTAN

Sate, seperti kita ketahui, sate merupakan kuliner khas Indonesia yang bisa kita jumpai dan sedap disantap kapan saja. Mau ayam, kambing maupun sapi, sate siap menggoyang lidah kamu pada tiap gigitan.

Namun gimana kalau daging sate berasal dari hewan anti mainstream seperti rusa? Well, kamu harus coba sendiri sate payau khas Kalimantan Timur.

Sate payau merupakan salah satu makanan terkenal dari Kalimantan Timur. Kalau kamu mengunjungi provinsi beribu kota Samarinda ini, sate payau tak biasa ditemukan di sembarang tempat dan setiap waktu.

Di dunia kuliner, sate merupakan kuliner Indonesia yang banyak dikenal para pecinta makanan dari negara lain. Tak hanya sebagai menu asli nusantara, sate atau satai bahkan diakui sebagai salah satu makanan terenak di dunia.

Tampilan sate payau tak ubahnya sate dari daerah lain. Daging ditusuk dengan bambu dan di atasnya diguyur dengan saus. Sausnya juga seperti kebanyakan sate yaitu dari bumbu kacang.

Namun yang membuatnya istimewa, sate payau hanya bisas kalian jumpai pada festival-festival dan upacara-upacara adat. Hal itu karena bahan sate berasal dari daging rusa.

Sate rusa sangat langka seiring sulitnya mencari rusa liar dan pemburuan dilarang karena hewan ini dilindungi. Maka dari itu, sangat beruntung kalau kamu datang tepat pada acara-acara adat di Kalimantan Timur yang menyajikan sate ini.

Rasa sate rusa terkenal sangat enak dengan tekstur lembut. Seperti kebanyakan pengolahan sate, daging rusa pertama-tama dipotong kecil-kecil lalu ditusuk pada sebilah bambu, kemudian dibakar di atas bara api hingga empuk.

Sementara bumbunya dibuat dari bumbu kacang ataupun kecap. Sate payau sangat cocok disajikan bersama nasi putih. Selain itu, sajian sup biasanya dipadukan dengan sate payau

SUMBER

https://borneo24.com/

https://merahputih.com/

https://www.pegipegi.com/